Powered by Blogger.

Sunday 28 August 2016

5 Perangkat Lunak Untuk Akses Internet (Browser)

Hai sobat richman, kembali lagi di richman blog. Kali ini richman blog akan membagikan sebuah artikel tentang perangkat lunak untuk akses internet, atau yang biasa disebut denganbrowser. Apa itu browser? Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Mau tau apa saja browser yang terkenal sekarang? Mari kita baca dibawah.

1. Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah browser free-ware yang dikembangkan oleh google. Browser ini menggunakan webkit layout engine hingga versi 27. Namun mulai dari versi 28, Google membuat layout engine sendiri hasil kerja sama Google dengan Opera Software, dengan nama Blink. Layout engine ini digunakan hingga versi terkini. Browser ini mulai dirilis pada tanggal 11 desember 2008. Browser ini dirilis di Windows, Mac OS, Linux, Android, iOS. Menurut survey StatCounter pada tahun 2014, Google Chrome mempunyai 49.7% pengguna dari seluruh pengguna browser didunia, yang membuat Google Chrome sebagai browser paling banyak digunakan di dunia. Ingin mencobanya? Kalian bisa mendownloadnya disini.


2. Windows Internet Explorer


Windows Internet Explorer atau yang biasa dikenal sebagai Internet ExplorerInternet Explorer adalah sebuah browser dan Perangkat Lunak Tidak Bebas yang gratis dari microsoft, dan disertakan dalam setiap rilisnya sistem operasi microsoft windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! untuk windows 95. Browser ini dirilis microsoft pada tanggal 16 agustus 1995. Pada awalnya, browser ini memuncaki browser terbanyak digunakan didunia. Namun, popularitas browser ini mulai turun karena sudah mulai adanya penyaing baru, yaitu Firefox (2004) dan Google Chrome (2008). Bukan karena itu saja, popularitasnya juga menurun karena browser ini hanya rilis di Microsoft Windows, sedangkan browser lainnya, seperti Firefox dan Google Chrome sudah melebarkan sayapnya ke Platform PC (Linux dan MAC OS) maupun Platform Mobile (Android dan iOS) (Walaupun internet explorer ini pernah dirilis di Mac OS X, namun sekarang sudah digantikan oleh safari browser). Walaupun sudah memiliki pesaing berat, menurut survey tahun 2014, browser ini masih memuncaki posisi kedua sebagai browser yang digunakan terbanyak di dunia. Oleh karena itu, jika kalian ingin mencoba menggunakan browser ini, kalian harus menggunakan Microsoft Windows OS sebagai OS Kalian. (Namun, nanti di Microsoft Windows 10, Microsoft akan menggantikan Internet Explorer dengan Browser baru bernama Spartan)

3. Mozilla Firefox


Mozilla Firefox atau yang biasa disebut Firefox adalah sebuah browser free-ware yang dikembangkan oleh mozilla foundation. Browser ini dirilis pada tanggal 9 November 2004. Pada perkembangannya, browser ini mulai di rilis di beberapa platform, seperti Windows, Linux, Mac OS, FreeBSD, dan android. pada survey yang dilakukan pada tahun 2014, firefox digunakan oleh 18% pengguna browser didunia, yang menyebabkan browser ini sebagai browser ketiga paling banyak digunakan di dunia. Ingin mencobanya? Kalian bisa mendownloadnya disini.


4. Safari Browser


Safari, nama ini tidak asing untuk pengguna Apple sejati. Safari adalah browser buatan Apple Inc yang diperuntukan hanya untuk Mac OS dan iOS. Pada awalnya, browser ini hanya dibuat untuk menggantikan Internet Explorer for Mac. Namun pada akhirnya, browser ini ditetapkan sebagai browser bawaan Mac OS dan iOS. Browser ini di rilis pada tanggal 7 Januari 2003. Browser ini pernah dibuat untuk Microsoft Windows, namun pengembangan browser ini tidak dilanjutkan. Menurut survey pada tahun 2014, browser ini digunakan oleh 4.7% di dunia dan safari mendapatkan peringkat 4 sebagai browser yang digunakan terbanyak. Hasil ini didapatkan karena browser ini hanya terdapat di OS buatan Apple, yang mana adalah pembuat browser ini sendiri. Oleh karena itu, jika kalian ingin mencoba Safari Browser, kalian harus menggunakan OS buatan Apple.

5. Opera Browser



Opera Browser, Browser ini dibuat Opera Software. Browser ini menggunakan layout engine yang sama dengan google chrome, yaitu blink. Browser ini dirilis pada tahun 1996, yang diawalnya hanya bisa digunakan di Microsoft Windows. Pada awalnya, browser ini diciptakan dengan asas cross-platform, yaitu dapat digunakan di banyak platform. Menurut survey pada tahun 2014, Opera Browser digunakan oleh 1.5% di dunia, dan mendapatkan peringkat 5 sebagai browser digunakan terbanyak. Tertarik mencoba? Kalian bisa mendownloadnya disini.


Sampai disini sudah perangkat lunak untuk akses internet atau biasa disebut browser, richman blog hanya mempost peringkat 5 besar yang digunakan terbanyak. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, ataupun ada browser yang ingin ditambahkan di post ini, kalian tinggal meminta lewat comment. Akan kami tanggapi secepat mungkin! Nantikan post - post keren selanjutnya dari richman blog, dan terima kasih telah mengunjungi richman blog. Ajak terus teman teman kalian untuk mengunjungi blog ini!

0 comments:

Post a Comment